Salep untuk pipi bayi kena asi

Beberapa kali saya membaca pertanyaan dg subjek ‘merah2 di pipi bayi’ di milis2 nya para bunda. Isinya selalu dg pernyataan bahwa “Orang2 bilang itu karena kena ASI, ASI itu tajem kalo kena pipi bayi”. Lalu diikuti dg pertanyaan, ” ngobatinnya pake apa?”
Hari ini jg sy mendapat sms dg pertanyaan dan pernyataan yg sama dari salah seorang ‘adik’ saya. Hmm, jd pengen share nih ttg pengalaman saya berhadapan dg si ‘merah2’ ini…mudah2an bermanfaat bg bunda2 yg sedang atau kelak siapa tau menghadapi hal yg sama.
Ziqri, putra kedua sy, juga merah2 di pipinya sewaktu bayi. Awalnya merah2 cuma 1-2 titik seperti kalau digigit nyamuk. Emang dasar saya yg terlalu santai, saya cuekkin aja titik merah tadi, meskipun saya agak bingung dan bertanya dlm hati, “Perasaan ga ada nyamuk deh. Kalopun ada, si adek udah tutupin kelambu, kok masih digigit nyamuk?” (Note No 1: jangan cuekkin kata hati).
Makin lama, makin memerah lah pipi Ziqri. Merah dan kasar. Oiya, sbelum pipinya jd merah dan kasar ini, pipinya Ziqri memang udah gak mulus. Ayahnya sampe bolak-balik bilang, “wajah adek kok ga halus kayak bayi biasanya sih, bun? Dulu shaznin perasaan halus banget, sampe sekrg malah (wkt itu shaz dah 2 tahunan)”. (note no 2: jangan cuekkin kata suami)
Selain merah dan kasar (kering), adek jg suka usek2 pipinya spt org yg kegatelan tp ga bisa garuk pake tangan. Terkadang dr merah2nya suka ada cairan. Duuh, ga tega deh ngeliatnya. Saat itulah saya baru pontang-panting cari info. Pipi adek saya bersihin pake kapas yg direndam air anget setiap abis menyusu, ikut saran org2 krn katanya pipi merah akibat air ASI yg ‘tajem’. Meskipun begitu, tetep aja merah nya ga ilang. Hingga akhirnya saya berkenalan dg istilah ‘Dermatitis Atopik (DA)’.
adek dan dernatitis atopi
adek dan dernatitis atopi
Lengkapnya bisa dilihat di sini ya
http://www.sehatgroup.web.id/?p=147
Yup, jadi ini masalahnya bukan karena kena tumpahan/cipratan Asi, tp karena ziqri alergi. Lalu pertanyaan berikutnya yg bikin sy bingung, “Alergi apa ya?”
Alergi itu pencetusnya buanyaaaak banget. Tes alergi, selain mahal juga tidak menjamin pencetus alergi bisa diketahui secara benar (kata dokternya wkt itu). Jd, cara paling mudah meski ribet adalah dg observasi yaitu mendeteksi satu-persatu apa2 yg mungkin menyebabkan alergi. Baiklah, sy mulai observasi penyebab alerginya Ziqri.
Karena adek merah2nya di wajah dan saya ga pernah memakaikan sabun ke wajah, jadi saya pikir sabun itu bukan penyebab alerginya. Jd saya tetap bertahan dg sabun bayi yg sy pakai. Lotion, minyak telon, cologne bayi memang tdk pernah sy pakaikan, mengingat shaznin yg alergi minyak telon dan keyakinan sy bhw bayi ga perlu kosmetik apa2. Bayi baunya dah harum, lagi bau acem pun tetep sedep dihirup2. Ya kan, ibu2?
Debu dan tungau saya perlakukan spt biasa, tetap2 bersih2 spt biasa, krn saya yakin anak sy ga alergi itu. Dlm pikiran saya, debu dan tungau itu manifestasi alerginya bukan dikulit tp di pernafasan.
Selanjutnya mengobservasi makanan bunda. LOh? Ziqri kan masih asi eksklusif, jd ga mungkin dia alergi makanan yg dia makan. Berarti Ziqri mgkn alergi makanan yg bundanya makan, yg akhirnya akan termakan (terminum) oleh Ziqri melalui ASI. Namanya ibu2 menyusui, segala macam ya dilahap. Dokter dan referensi menyarankan agar saya diet makanan2 yg berpotensi besar menyebabkan alergi spt seafood, susu sapi dan produk turunannya (keju, mentega, yoghurt), kacang2an, coklat, dsb. Huaaaa banyak benerrr. Dokter menyarankan saya diet seafood dan produk susu sapi aja selama kurleb 2 minggu, liat efeknya sama Ziqri. Kalau dah membaik, baru bunda boleh coba lagi makan produk2 itu lagi, tp ga boleh sekaligus, hrs satu-persatu untuk melihat efek alerginya. Kalau dlm dunia MPASI, cek satu persatu ini dianjurkan pake metode ‘4 days rule’. Maksudnya, kita kalau ngetes 1 makanan hrs tunggu sampe 4 hr sblm coba jenis makanan yg lain. Krn reaksi alergi biasanya timbul paling lama di hr ke 4 stelah makan.
Akhirnya, ‘penderitaan’ bunda dimulai :p Seumur2 ga pernah diet, eh terpaksa hrs diet. Tapi demi anak, apapun kulakukan Etetapi,sy ternyata kurang teliti jg dlm berdiet. Tetep makan terasi krn lupa kalo terasi itu udang. Hadeeeh…itu udang memang ‘galak’ bener, Ziqri langsung memerah lagi. Ayahnya sampe ngomel2 krn bundanya ga teliti. Belakangan ini, saya baru nyadar kalo yg namanya sayuran yg dicah/ditumis, capcay dan teman2nya sesama chinese food jg suka dikasih saos tiram, yg mana msk kelompok seafood. Pantesan itu merah2 ga ilang2.
Selama Ziqri merah2, saya hanya kasih pelembab khusus buat bayi dan minyak kelapa. Sebenarnya ada salep yg bisa menyembuhkan dalam wkt yg cepat. Tapi salep ini merupakan salep steroid yg mengandung zat kimia berbahaya kalau dipakaikan ke kulit dlm wkt yg lama. Pernah, ketika saya melihat pipi Ziqri udah parah banget, akhirnya saya kasih jg salep itu (dengan resep dokter), tp cukup 3 hari. Karena saya takut efek sampingnya.
Kira2 sebulanan saya diet, akhirnya sy memutuskan produk susu sapi dan turunannya aman buat Ziqri. Sementara diet seafood berlangsung smpai Ziqri hampir setahun. Semakin bertambah usia, Ziqri semakin kuat daya tahan tubuhnya. Jd, kalau saya makan seafood, dia ga merah2 lagi. Meskipun begitu, krn potensi alergi dia besar, sya menunda pemberian seafood langsung ke ziqri. Sampai sekarang, Ziqri bisa makan ikan laut, tp udang belum pernah saya kasih. Kalau sekedar kerupuk udang sih pernah, dan insya Allah gak papa.
Ok deh, mudah2an bermanfaat ya buat para bunda yg anaknya berpipi merah2. Kesimpulannya :
1. Merah2 kemungkinan (besar) karena alergi. Apalagi kalo orgtuanya ada alergi jg.
2. segera observasi dan hindari pencetus alerginya.
3. Kulit kering dikasih pelembab, minyak kelapa
4. Kalau parah dan keliatan mengganggu si bayi, kasih salep hidrokortison 0,5-1%….tipis-tipiiiiiisss aja…dan jangan lama2.
5. Kalau blm bantu juga, mgkn harus dg salep/obat yg lbh ‘kuat’ dg resep dokter….jangan sampe deh ya

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kandungan kafein pada kopi good day

Bolehkah ibu hamil minum cappucino cincau

Keluar cairan bening saat hamil 9 bulan