Minuman baik untuk ibu hamil

Sering kehausan saat hamil? Tenang, ini merupakan hal normal yang sering terjadi pada banyak wanita yang kini tengah berbadan dua. Kondisi ini terjadi ketika tubuh mengalami dehidrasi karena penyerapan air dalam tubuh selama hamil berjalan begitu cepat.
Nah, untuk membuat Anda tetap segar dan semangat selama hamil, yuk konsumsi minuman sehat untuk ibu hamil yang memang sering direkomendasikan oleh kalangan dokter spesialis seperti berikut ini:

List Minuman Sehat Ibu Hamil Terpopuler dan Bagus Untuk Kandugan

1. Susu tanpa lemak
Minuman Sehat Ibu Hamil
Minuman sehat saat hamil yang pertama adalah susu tanpa lemak. Tubuh akan menyerap kalsium dua kali lebih cepat dari biasanya. Oleh karena itu, Anda butuh mengonsumsi susu rendah lemak yang mengandung kalsium tinggi. Setidaknya, konsumsi 220 gr susu tanpa lemak mampu mencukupi 30% kebutuhan kalsium dalam tubuh.

Dengan mengkonsumsi minuman ibu hamil yang satu ini secara rutin bisa membantu perkembangan janin sempurna serta bisa menambah daya tahan janin dalam rahim. Selain tidak ada efek samping apapun, jelas susu juga sangat bermanfaat bagi kesehatan bunda sendiri.

2. Air kelapa
Minuman Sehat Ibu Hamil
Yap, kelapa merupakan daftar minuman sehat ibu hamil yang tak boleh terlupakan. Minuman sehat satu ini merupakan minuman isotonik alami yang sangat efektif untuk mencegah Anda mengalami dehidrasi. Selain itu, air kelapa juga bagus untuk menyegarkan tubuh setelah berkeringat dan sangat kehausan saat hamil.

Memang tak dipungkiri bahwa jus kelapa sering kali paling diminati oleh para ibu hamil. Bukan tanpa sebab mereka tidak menginginkannya. Minuman sehat untuk ibu hamil yang satu ini selain untuk menyehatkan janin dalam rahim, juga bisa membuat kondisi ibu hamil tetep fit serta mempermudah dalam proses persalinan nantinya.

3. Air lemon
Minuman Sehat Ibu Hamil Paling Dianjurkan
Minuman sehat ibu hamil berikutnya adalah air Lemon. Perlu anda ketahui bahwa buah lemon sendiri kaya akan vitamin C dan juga sangat bagus sekali untuk dikosumsi sebagai minuman sehat ibu hamil. Caranya, potonglah buah lemon menjadi dua bagian. Peras airnya dan kucurkan ke dalam segelas air dingin dengan sejumput garam atau gula. Anda juga bisa menambahkan beberapa potongan daun mint untuk sensasi menambah segar saat diminum.

Bila bunda berada di usia kandungan Trimester pertama, maka meminum air lemon bisa menjadi solusi jitu ketika dalam keadaan mual-mual. Karena air lemon bisa menetralkan lambung yang dalam tidak kondisi stabil. Meminum Lemon bisa mengurasi rasa mual dalam perut bunda.

4. Smoothie
Minuman Sehat Untuk Ibu Hamil
Minuman sehat untuk ibu hamil selanjutnya adalah Smoothie. Smoothie sendiri terdiri dari buah pisang, stroberi, dan mangga yang diblender kemudian ditambahkan sedikit susu juga bisa jadi minuman yang menyehatkan bagi ibu hamil. Smoothie sangat kaya akan kandungan kalsium, protein, dan serat yang bagus untuk melancarkan sistem metabolisme tubuh Anda.

5. Jus sayuran
Daftar Minuman Sehat Bagi Ibu Hamil
Masih di daftar minuman sehat ibu hamil yang kelima adalah Jus Sayuran. Jangan salah, menyegarkan tubuh tak hanya bisa dilakukan dengan konsumsi jus buah saja, tapi juga jus sayuran. Sayuran seperti bayam dan daun mint atau wortel dan tomat juga bagus untuk menghilangkan rasa dahaga selama hamil. Selain itu, kedua jus tersebut juga kaya akan zat besi maupun vitamin A yang bikin Anda tetap energik selama seharian.
6. Jus semangka
Advertisements
Minuman Sehat Ibu Hamil Paling Dianjurkan
List minuman sehat bagi ibu hamil keenam adalah Jus Semangka. Buah khusus seperti semangka juga terkenal sangat ampuh menghilangkan rasa haus yang teramat sangat saat hamil. Sebab, 90% komposisi buah semangka mengandung air sehingga terasa sangat menyegarkan ketika dimakan. Buah semangka juga sangat kaya akan berbagai vitamin yang menunjang pertumbuhan janin dalam kandungan.

Selain itu buah semangka juga bisa membantu kebugaran ibu hamil dalam keseharian. Bila bunda rutin mengkonsumsi jus semangka pada siang hari. Dijamin proses pencernaan bunda akan lancar meski dalam kondisi hamil sekalipun,

7. Teh Hijau
Minuman Sehat Untuk Ibu Hamil
Minuman sehat ibu hamil berikutnya adalah Teh Hijau. Mengonsumsi teh hijau selama kehamilan memang masih selalu saja menjadi perdebatan. Namun yang pasti meminum teh hijau secukupnya sangat bermanfaat bagi kesehatan janin Anda. Teh hijau bisa mengurangi stres, dan antioksidan yang ada di dalamnya serta akan memperbaiki kesehatan Anda pula.

Hanya saja disarankan untuk tidak minum teh secara berlebihan, karena teh (juga kopi, minuman energi, dan  teh) mengandung kafein yang berlebih. NHS menyarankan supaya konsumsi kafein ibu hamil tidak lebih dari 200mg per harinya. Itu setara dengan +/- 2 gelas kopi. Jadi Secangkir teh hijau setiap harinya tentu baik untuk kesehatan janin Anda.

8. Jus Jeruk dan Ceri
Minuman Sehat Bagi Ibu Hamil
Jus jeruk termasuk minuman sehat ibu hamil yang kaya akan vitamin C. Jus jeruk juga bisa membantu meningkatkan imun secara keseluruhan dan bakal membantu Anda untuk terhindar dari infeksi selama masa kehamilan. Jus jeruk sangat berperan penting dalam proses detoksifikasi tubuh, sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh Anda sekalian.

Jangan lupakan juga bahwa Jus ceri sangat baik untuk kehamilan Anda. Bagi wanita hamil yang khawatir terhadap kualitas tidur yang kurang di setiap malamnya, maka jus ceri akan membantu meningkatkan kualitas tidur Anda secara rileks dan tidak stress bila mengkonsumsinya secara rutin.

9. Jus Alpukat
10 Minuman Sehat Ibu Hamil Perlu Dikonsumsi
Jus Alpukan memang tergolong salah satu minuman ibu hamil yang sehat dan memiliki khasiat yang sangat luar biasa bila dikonsumsi oleh bunda sekalian. Kenapa harus jus Alpukat?

Mengkonsumsi jus alpukat ketika masa kehamilan memang tidak dilarang, bila dikonsumsi dengan rutin setia harinya, justru itu bisa membuat banyak keuntungan pada wanita hamil khususnya bagi ibu hamil 7 bulan yang memang sudah dianjurkan untuk mengenal jenis-jenis rasa buah termasuk alpukat ini.

Alpukat sendiri selain kaya dengan vitamin C juga mempunyai kandungan vitamin E dan vitamin K yang tidak kalah penting bagi seorang ibu hamil, serta juga sangat penting untuk janin bayi dalam kandungan. Kandungan vitamin E yang terdapat pada alpukat adalah senyawa prolaktin, senyawa inilah yang memiliki peran besar untuk menjaga keseimbangan psikologi ibu hamil serta menjaga metabolisme tubuh.

10. Jus Buah Apel
10 Minuman Sehat Ibu Hamil Perlu Dikonsumsi

Minuman sehat ibu hamil yang terakhir adalah jus buah Apel. Buah apel memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil ketika dikonsumsi. Karena buah apel bisa melindungi janin dari beragam jenis penyakit yang terjadi ketika masa kehamilan hingga proses persalinan. Nah, apa saja manfaat jus buah apel untuk ibu hamil? Berikut ini beragam manfaatnya:

  • Jus buah apel bisa menghilangkan bengkak ketika masa kehamilan
    Bengkak yang terjadi pada ibu hamil dimana sering kali menyerang bagian anggota badan misalnya pada tangan, kaki , serta angota badan alinnya tergolong hal yang biasa terjadi ketika masa kehamilan. Tetapi Anda tidak perlu khawatir, Anda bisa mengkonsumsi jus buah apel setiah hari untuk menghilangkannya. Cara ini sangat efektif untuk menyembuhkan bengkak pada kaki dan juga bagus terhadap pertumbuhan janin.
  • Jus buah apel bisa melancarkan system pencernaan ibu hamil
    Kandungan serat pada buah apel itu sangat bermanfaat guna melancarkan saluran pencernaan pada wanita hamil, sehingga bisa terhindar dari sembelit maupun susah buang air besar yang bisanya sering terjadi pada masa kehamilan.
  • Dapat menurunkan tekanan darah tinggi
    Jus buah apel juga termsuk minuman sehat ibu hamil yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Bukan rahasia lagi bila ketika hamil sering kali terjadi ketidakstabilan pada tekanan darah. Hal yang demikian ini bis diatasi dengan mengkonsumsi jus buah apel secara ruti setiap hari.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kandungan kafein pada kopi good day

Bolehkah ibu hamil minum cappucino cincau

Keluar cairan bening saat hamil 9 bulan