Minum kopi saat hamil 9 bulan

Ibu hamil hendaknya mau mengkonsumsi makanan dan minuman apapun itu harus dicermati dulu dari segi manfaat serta bahayanya. Kopi adalah salah satu minuman yang harus dihindari oleh ibu hamil. Menurut lembaga kesehatan New South Wales menyarankan agar wanita hamil tidak boleh minum kopi lebih dari dua cangkir atau sekitar 200 mg maksimalnya.

Efek kopi pada ibu hamil adalah meningkatkan metabolisme dan denyut jantung sehingga mempengaruhi perkembangan bayi dalam kandungan. Faktanya siapapun yang minum teh dan kopi secara rutin setiap hari dapat bikin jadi kecanduan. Apalagi bila minum kopi dalam jumlah banyak dapat mengakibatkan sakit kepala, insomnia dan gugup. Bahkan kopi dan teh dapat menurunkan kemampuan ibu hamil dalam menyerap zat besi.

Kopi, cokelat, teh dan minuman berenergi mengandung kafein bahkan senyawa ini juga terdapat pada beberapa obat yang dijual bebas di apotik seperti obat pilek, obat sakit kepala, obat alergi dan obat-obatan yang menjaga stamina selalu bugar.

Minum Kopi Saat Hamil 9 Bulan

Namun, jumlah kafein dalam setiap jenis minuman seperti teh dan kopi berbeda serta bervariasi. Beberapa minuman lainnya juga memiliki jumlah kafein yang berbeda-beda. Contohnya satu gelas kopi mengandung 100 mg kafein jadi ibu hamil maksimal minum kopi dua cangkir sehari dan tidak boleh lebih. Kopi jenis espresso biasanya memiliki kandungan kafein sekitar 50mg sampai 300mg dan jumlah ini selalu berbeda setiap kedai kopi.

Ibu hamil sebaiknya tidak minum kopi dan teh tapi kalau tidak bisa menghentikan kebiasaan ini bisa menggantinya dengan teh herbal. Penting untuk diketahui sebelum minum teh herbal, pastikan selalu membaca daftar kandungan bahan-bahannya meskipun banyak teh herbal yang tidak mengandung kafein. Kemudian ada mitos yang beredar di kalangan masyarakat bahwa banyak minum air dingin dapat melahirkan bayi yang berbobot. Mitos ini tidak benar karena minum air dingin atau air es tidak akan membuat bayi lahir besar. Yang membuat bayi lahir besar dikarenakan campuran di dalam air es seperti es teh manis, es sirup dan es minuman soda yang mengandung banyak kalori serta gula.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kandungan kafein pada kopi good day

Bolehkah ibu hamil minum cappucino cincau

Keluar cairan bening saat hamil 9 bulan