Artikel bahaya teh manis untuk ibu hamil

Selain memberikan banyak manfaat,
teh untuk ibu hamil
juga dapat berpotensi menimbulkan bahaya bila dikonsumsi dalam jumlah berlebihan. Oleh karena itu, banyak pakar kesehatan kemudian menganjurkan ibu hamil untuk tidak terlalu sering mengkonsumsi teh selama kehamilan. Apa saja
bahaya teh untuk ibu hamil
tersebut? Simak uraiannya berikut ini.
Seperti diketahui, selain kopi, teh juga merupakan salah satu jenis minuman yang mengandung kadar kafein cukup banyak. Kadar kafein ini bagi ibu hamil selain membantu mengatasi morning sickness juga dapat menyebabkan timbulnya masalah serius selama kehamilan seperti anemia, susah tidur, kelahiran prematur, kematian bayi sejak dalam kandungan, bahkan dapat menyebabkan keguguran.
Bahaya Teh untuk Ibu Hamil

1. Anemia pada Ibu Hamil

Banyak wanita cenderung sering mengalami
anemia selama kehamilan
. Oleh karena itu, mereka memerlukan jumlah tambahan zat besi selama periode kehamilannya melalui konsumsi makanan-makanan yang mengandung zat besi seperti daun singkong, pete, jengkol, alpukat, dan lain sebagainya. Hal tersebut perlu dilakukan untuk menghindarkan kehamilan dari masalah serius, mengingat anemia merupakan penyebab utama beberapa masalah kehamilan seperti bayi prematur bahkan keguguran. Penyerapan zat besi sendiri oleh tubuh akan terhambat bila Anda terlalu banyak mengkonsumsi teh. Meskipun Anda banyak makan makanan sumber zat besi, Anda mungkin akan sulit sembuh dari masalah anemia jika tetap minum teh setiap pagi.

2. Bayi Lahir Prematur

Kondisi anemia yang terus berlanjut karena konsumsi teh selama kehamilan menyebabkan transportasi nutrisi dari ibu hamil ke janinnya menjadi terhambat. Janin akan tumbuh lambat sehingga berat badan serta kekebalan tubuhnya melemah dan setelah dilahirkan mungkin akan lahir prematur.

3. Menyebabkan Kematian Janin

Transportasi nutrisi dari ibu hamil ke janin akibat anemia pada beberapa kasus dapat menyebabkan kematian janin di dalam kandungan. Kondisi yang cukup menakutkan dan berisiko bagi ibu hamil.

4. Menyebabkan Insomnia

Tidur nyenyak dan istirahat yang cukup adalah satu unsur yang perlu dilengkapi untuk menjaga kehamilan tetap sehat. Jika Anda terlalu banyak mengkonsumsi teh, berarti Anda telah memasukan kafein dalam tubuh Anda. Kafein sendiri selain dapat mengatasi morning sickness, ia juga menyebabkan Anda susah tidur di malam hari (insomnia). Nah itulah 4 bahaya teh untuk ibu hamil. Cukup menakutkan bukan? Kendati demikian, keempat bahaya tersebut hanya akan timbul jika konsumsi teh Anda terlalu banyak. Batasi konsumsi teh Anda agar tidak lebih dari 200 mg kafein per hari atau sekitar 1 gelas teh setiap hari.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kandungan kafein pada kopi good day

Bolehkah ibu hamil minum cappucino cincau

Keluar cairan bening saat hamil 9 bulan