Minuman yang tidak boleh diminum ibu hamil

Menjadi ibu hamil memang serba repot. Selain harus menanggung segala macam perubahan-perubahan yang terjadi pada tubuhnya, seorang ibu hamil juga dikaruniai banyak sekali pantangan. Salah satu pantangan tersebut adalah pantangan meminum minuman yang dapat membahayakan keselamatan janinnya. Minuman apa saja
sich
yang dilarang dan dipantang untuk ibu hamil?
1. Alkohol
Minuman yang dilarang untuk ibu hamil pada nomor pertama ini adalah alkohol. Alkohol sebetulnya dilarang untuk semua orang, namun bagi ibu hamil, larangan tersebut menjadi sangat ekstrim sekali dampaknya bila dilanggar dan tidak dipatuhi. Alkohol berdampak pada keguguran janin jika dikonsumsi pada usia kehamilan trimester awal dan akan berdampak lahirnya bayi prematur atau cacat bila dikonsumsi pada usia kehamilan trimester akhir. Dengan dampaknya itu wajarlah jika minuman yang satu ini kami letakan di nomor pertama.

Minuman yang Dilarang untuk Ibu Hamil
2. Kopi
Kopi tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil muda karena mengandung zat kafein yang dapat menyebabkan peningkatan intensitas buang air kecil, memperberat kerja ginjal, menaikan kerja jantung, dan sangat berpotensi menyebabkan tekanan darah tinggi pada ibu hamil. Karena berbagai dampaknya itu, ibu hamil dilarang meminum kopi mulai sejak usia kehamilan trimester awal.
3. Teh
Meski meminum teh dapat membantu mengurangi rasa mual yang diderita ibu hamil pada usia kehamilan trimester pertama, namun ia tetap kami masukan ke dalam daftar minuman yang dilarang untuk ibu hamil. Hal ini karena teh dapat menyebabkan penyerapan zat besi oleh tubuh ibu hamil menjadi sangat terhambat. Kandungan tanin yang ada di dalamnyalah yang menjadi pemicu. Zat besi sendiri sejatinya merupakan zat penting yang dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah pada janin. Jika zat ini tidak dapat diserap oleh tubuh secara optimal, bukan tidak mungkin bayi akan lahir prematur karena kurangnya nutrisi zat besi yang dibutuhkan. Dampak teh terhadap proses kehamilan akan menjadi lebih besar bila dikonsumsi saat usia kehamilan trimester dua dan tiga.
4. Minuman Bersoda
Minuman bersoda seperti Sprite, Fanta, Coca cola, dan lain sebagainya juga termasuk ke dalam jenis minuman yang dilarang untuk ibu hamil karena ia banyak mengandung gula, karbonat, asam fosfat, kafein, dan bahan pengawet. Semua kandungan ini berdampak pada kelebihan berat badan, diabetes gestasional, meningkatnnya bobot janin secara abnormal. Selain itu, minuman bersoda juga dapat meningkatkan asupan fosfor di dalam tubuh yang kemudian berdampak pada terhambatnya penyerapan kalsium dan turunnya massa tulang baik pada ibu hamil maupun bayi yang tengah dikandungnya. Dampak terburuk yang ditimbulkan dari minum-minuman bersoda adalah bayi lebih rentan terserang tulang keropos setelah ia dilahirkan.
5. Susu

Susu termasuk minuman yang dilarang untuk ibu hamil
? Ah, yang benar saja!! Ya, ini benar, susu termasuk berbahaya bagi ibu hamil bila dalam pengolahannya tidak di
pasteurisasi
lebih dahulu. Susu murni yang tidak dipasteurisasi bila dikonsumsi akan meningkatkan risiko ibu terinfeksi virus tokoplasma. Virus ini bila menyerang pada intensitas tinggi dapat mengakibatkan keguguran pada masa awal kehamilan.
6. Air Es

Air es dapat menyebabkan volume air ketuban di dalam rahim meningkat
hingga 1,3 kali lipat. Hal ini tentu berbahaya karena secara otomatis penyerapan nutrisi oleh janin di dalam rahim menjadi terhambat. Selain itu, bayi akan tumbuh menjadi sangat besar sehingga menyulitkan proses persalinan di kemudian hari.
Nah, demikian daftar 6 minuman yang dilarang untuk ibu hamil. Kami berharap Anda dapat menuruti semua pantangan ini sehingga kesehatan Anda dan si janin tidak terhambat. Dari pada mengkonsumsi minuman-minuman di atas, ibu hamil disarankan minum air putih atau jus buah saja. Air putih dan jus buah mengandung banyak mineral alkali dan vitamin yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan janin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kandungan kafein pada kopi good day

Bolehkah ibu hamil minum cappucino cincau

Keluar cairan bening saat hamil 9 bulan