Minum kopi saat hamil 8 bulan

Sebagian orang menjadikan minum kopi sebagai kebiasaan yang sangat sulit dihilangkan termasuk di kalangan perempuan. Pecinta minuman ini menikmati aroma kopi ketika diseduh. Kopi yang dikenal pengusir kantuk ternyata memiliki dampak negatif bagi kesehatan apabila dikonsumsi oleh orang yang memiliki riwayat penyakit tertentu dan kondisi tertentu.

Salah satu kondisi yang memiliki dampak kesehatan saat ibu hamil minum kopi. Dikhawatirkan kandungan kafein dalam kopi dapat meningkatkan detak jantung janin di kandungan dan detak jantung ibu hamil. Setelah mengkonsumsi kopi dalam jumlah banyak biasanya akan mengakibatkan pusing di bagian kepala, syaraf mata berkontraksi dan meningkatnya detak jantung.

Bila hal ini dialami ibu hamil maka sebaiknya untuk menghentikan kebiasaan minum kopi karena nantinya dapat membahayakan kesehatan ibu dan janin. Penelitian mengungkapkan bahwa kopi dapat menurunkan penyerapan zat besi yang sangat dibutuhkan oleh janin selama masa perkembangan.

minum kopi saat hamil 8 bulan

Berdasarkan penelitian juga menemukan bahwa ibu hamil minum lebih dari 8 cangkir kecil setiap hari ternyata meningkatkan resiko keguguran dua kali lipat daripada ibu hamil yang tidak meminum kopi. Maksimal kopi yang dikonsumsi ibu hamil tidak boleh lebih dari 200 mg.

Beberapa dokter masih memberikan izin ibu hamil minum kopi selama dosisnya rendah yakni satu cangkir sehari. Namun, ibu hamil lebih baik selalu waspada pada kandungan kafein dalam kopi karena ada beberapa kondisi dan kasus tertentu tubuh tidak dapat menerima sembarangan zat di dalam makanan yang dikonsumsi. Makanan dan minuman sangat mudah mempengaruhi kesehatan ibu hamil. Karena itulah agar meninggalkan kebiasaan minum kopi untuk sementara waktu.  

Demi terhindar dari pengaruh buruk kafein maka ibu hamil harus mengganti minum kopi dengan minuman lain seperti jus dari berbagai macam buah dan kaya akan nutrisi yang menyehatkan. Ibu hamil harus menghindari teh karena mengandung kafein dan jangan lupa untuk menghindari beberapa minuman soft drink serta mengurangi konsumsi cokelat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kandungan kafein pada kopi good day

Bolehkah ibu hamil minum cappucino cincau

Keluar cairan bening saat hamil 9 bulan