Contoh perut kencang saat hamil

Menurut dr Hari Nugroho Sp.OG. dari Departemen Obstetri dan Ginekologi, RSUD Dr Soetomo Surabaya, seperti dilansir di situs
detikHealth
, terjadinya perut keras dan kencang saat hamil adalah disebabkan oleh kontraksi pada rahim itu sendiri. Ia menjelaskan jika hal ini merupakan sebuah proses normal. Kendati demikian, jika mengalaminya, ibu hamil disarankan untuk segera menghubungi tenaga medis terdekat untuk memperoleh informasi lebih lanjut, baik jika usia kehamilan sudah cukup tua dan siap melahirkan, maupun jika kehamilan baru memasuki awal trimester ketiga.

Perut Kencang saat Hamil Muda

Selain dapat terjadi pada ibu hamil yang sudah memasuki usia kehamilan trimester tiga, perut kencang juga bisa dialami oleh para ibu hamil muda dengan usia kehamilan antara 22 sampai 33 minggu. Perut kencang dapat terjadi pada mereka karena beberapa penyebab yang diantaranya adalah gerakan bayi yang terlalu aktif, kemungkinan janin kembar, kram perut, aktivitas harian ibu hamil terlalu berat sehingga kandungan turun, atau karena kontraksi palsu (kontraksi
Braxton Hicks
).
Perut kencang saat hamil muda umumnya terjadi ketika malam hari menjelang hendak tidur malam. Kondisi ini sangat mengganggu kenyamanan, apalagi jika disertai dengan kram yang berlangsung cukup lama sekitar 30 menitan. Nah, untuk mengatasi kondisi ini, ibu hamil disarankan untuk mengikuti beberapa tips berikut.

1. Mandi Air Hangat

Cara mengatasi Perut Kencang saat Hamil
Mandi air hangat saat sore hari sangat efektif untuk relaksasi otot-otot rahim yang sering mengalami kontraksi. Hal ini akan lebih baik lagi jika Anda menerapkan mandi dengan aroma terapi selama berendam. Beberapa ibu hamil bahkan mengaku jika terapi ini membuat ia bebas dari masalah perut kencang saat hamil di malam hari.

2. Mengoleskan Lotion atau Minyak

Mengoleskan lotion atau minyak nabati ke sekitar kulit perut membuat tegangan menjadi lebih lemah. Ini tentu baik untuk meredakan perut kencang yang terjadi saat Anda hendak beranjak tidur. Akan tetapi, perlu diingat juga bahwa bahan yang Anda oleskan sebaiknya adalah bahan yang aman seperti minyak zaitun, minyak goreng, atau minyak nabati lainnya.

3. Pilihlah Posisi Tidur yang Tepat

Memilih posisi tidur juga merupakan salah satu cara dalam meredakan masalah perut kencang saat hamil. Untuk mengetahui bagaimana posisi tidur yang baik untuk ibu hamil.

4. Hindari Mengangkat Beban Berat

Untuk mencegah atau meminimalkan rasa kencang yang timbul di kulit perut, ibu hamil disarankan untuk tidak melakukan aktivitas harian berlebih seperti duduk terlalu lama, mengangkat beban berat, atau bekerja terlalu keras. Aktivitas demikian dapat menyebabkan kehamilan turun sehingga memicu terjadinya perut kencang selama kehamilan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kandungan kafein pada kopi good day

Bolehkah ibu hamil minum cappucino cincau

Keluar cairan bening saat hamil 9 bulan