Pantangan ibu hamil muda 1 minggu

Kehamilan trimester pertama tergolong sangat rentan terhadap benturan atau perlakuan apapun bagi ibu hamil. Selain itu, makanan yang dikonsumsi juga harus lebih memperhatikan kesehatan janin yang dikandungnya.
Untuk itu, ibu hamil muda harus menjauhi apa saja pantangan yang dilarang demi keselamatan ibu hamil beserta bayi yang dikandungnya. Adapun beberapa larangan atau pantangan bagi ibu hamil muda adalah sebagai berikut ini :
1. Hindari diet ketat
Bagi bunda yang sedang hamil muda, sebaiknya jauhi diet ketat untuk kebaikan dan keselamatan bayi yang ada dalam kandungan. Wajar jika Anda mengalami perubahan bentuk selama kehamilan, karena dalam rahim bunda sudah ada janin yang akan berkembang menjadi bayi yang mungil dan lucu.
Untuk itu, bunda tak perlu khawatir akan mengalami kegemukan atau perut buncit saat hamil. Selain itu, kekurangan nutrisi pada ibu hamil justru akan berdampak buruk bagi keselamatan janin yang bunda kandung.
2. Hindari aktivitas terlalu berat
Pantangan ibu hamil muda berikutnya adalah hindari aktivitas terlalu berat. Aktivitas yang terlalu berat seperti olahraga atau aktifitas fisik lainnya bisa berpengaruh pada janin yang bunda kandung. Pada awal-awal kehamilan kondisi janin masih belum terbentuk sempurna, sehingga jika terjadi benturan atau kelelahan pada ibu hamil bisa menyebabkan resiko keguguran.
3. Hindari stress selama kehamilan
Kondisi psikis ibu hamil, bagaimanapun juga harus tetap tenang dan rileks agar ibu hamil tidak mengalami berbagai macam dampak buruk khususnya pada janin yang dikandung. Jika kondisi ibu mengalami stress berat, hal ini justru akan memberikan efek yang buruk bagi janin bahkan menimbulkan resiko kematian pada janin bunda.
4. Jangan mengkonsumsi obat sembarangan
Bagi bunda yang sedang hamil muda, sangat tidak disarankan untuk mengkonsumsi obat-obatan sembarangan apalagi tanpa resep dokter. Karena pengaruh obat-obatan kimia dalam jangka panjang akan berdampak tidak baik bagi kondisi janin. Jika kehamilan Anda masih di awal-awal usia kandungan akan menyebabkan resiko keguguran.
Sedangkan jika sudah melewati trimester pertama, maka bayi bisa mengalami kecacatan saat lahir. Untuk itu, hindari pemakaian obat-obatan yang dijual bebas. Akan tetapi, jika bunda sedang sakit, atau kelelahan bisa berkonsultasi ke dokter untuk menanyakan jenis obat yang aman dan baik jika dikonsumsi saat hamil.
5. Hindari pemakaian kosmetik dengan kandungan merkuri
Bunda yang sedang hamil muda juga harus menghindari penggunaan kosmetik atau make up berlebih yang mengandung merkuri. Karena kandungan merkuri tak hanya bisa merusak kulit ibu saja, melainkan bisa merusak janin yang ada dalam kandugan bunda. Sebaiknya, saat hamil bunda berdandan biasa saja atau tampil lebih alami tanpa menggunakan make up yang berlebihan.
6. Hindari konsumsi kafein berlebihan
Selama kehamilan, sebaiknya bunda menghindari asupan kafein yang berlebihan. Karena kafein sendiri jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak bisa berpengaruh negatif bagi janin atau bayi yang ada dalam kandungan bunda. Untuk itu, mulai dari sekarang bunda harus mengurangi minum teh atau kopi terutama bagi Anda yang menyukai minuman ini.
7. Hindari minuman beralkohol
Alkohol tak hanya bisa berdampak buruk bagi tubuh orang normal saja, akan tetapi dampak alkohol bagi ibu hamil bisa merusak janin yang ada dalam kandungan. Maka dari itu, bagi Anda yang sedang hamil jangan pernah mengkonsumsi alkohol jika ingin bayi Anda selamat!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kandungan kafein pada kopi good day

Bolehkah ibu hamil minum cappucino cincau

Keluar cairan bening saat hamil 9 bulan