Posisi janin disebelah kiri

Gerakan janin merupakan indikator kesejahteraan janin. Janin yang sehat harus bergerak minimal 10x dalam 12 jam. Letak gerakan janin bisa menjadi tanda posisi janin. Misalnya jika gerakan janin di kiri bawah berarti kemungkinan posisi kaki atau tangan janin ada di sebelah kiri bawah. Anda bisa bermain dengan janin Anda misalnya elus perut di bagian yang terasa bergerak lalu terkadang janin akan merespon dengan tendangan lembut di tempat yang sama.
Ketika usia kandungan Anda baru 18 minggu, janin masih sangat bisa berputar-putar di dalam rahim. Dengan demikian, janin Anda aktif bergerak di sebelah kiri bawah kemungkinan masih dalam batas normal. Anda jangan khawatir karena posisi janin akan terus berubah dan baru mulai menetap di usia kehamilan memasuki 8-9 bulan.
Sebaiknya Anda memantau gerakan janin setiap hari dan segera ke dokter jika merasa gerakan janin melemah atau semakin jarang. Selain itu jangan lupa melakukan kontrol kehamilan dengan dokter kandungan secara rutin setidaknya setiap 1 bulan sekali agar kondisi janin selalu terpantau.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kandungan kafein pada kopi good day

Bolehkah ibu hamil minum cappucino cincau

Keluar cairan bening saat hamil 9 bulan