Pantangan ibu hamil muda trimester pertama

Pantangan disini maksudnya ialah larangan atau sesuatu yang harus dihindari oleh seorang ibu yang sedang hamil demi kesehatan dan keselamatan janin maupun sang ibu. Dalam artikel kali ini akan dibahas beberapa pantangan bagi ibu yang sedang hamil berkaitan dengan aktivitas dan kegiatan sehari-harinya.
Aktivitas yang dilakukan oleh ibu sedikit banyak dapat mempengaruhi kondisi kesehatan ibu dan kondisi kesehatan si bayi. Selain itu kegiatan atau aktivitas yang mempengaruhi kondisi mental si ibu juga akan berpengaruh pada kondisi si janin.Beberapa aktivitas tertentu sebaiknya tidak dilakukan demi menjaga keselamatan si ibu agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan seperti keguguran misalnya.
Setiap keluarga wajib berperan dan wajib untuk mengetahui apa saja larangan ibu hamil yang wajib untuk diketahui. Sama halnya dengan berbagai jenis makanan yang harus dihindari bagi ibu yang sedang hamil muda, menghindari beberapa aktivitas atau kegiatan selama hamil juga dapat mempengaruhi kondisi fisik si janin dan si ibu sendiri.
Langsung saja kita bahas mengenai pantangan ketika anda sedang hamil muda atau larangan ibu hamil yang wajib anda ketahui, yaitu pada usia kandungan masih muda ( 0-3 bulan) terutama dalam hal kegiatan maupun aktivitas yang bisa mempengaruhi kondisi kesehatan ibu dan janin.
pantangan-ibu-hamil-muda
  • Suara yang terlalu keras. Maksudnya ibu yang sedang hamil , ada baiknya menghindari untuk mendengar suara yang terlalu keras, atau saura bising. Hal ini dikarenakan akan membuat fisik si ibu menjadi stress terutama suara hingar bingar pesta, dan suara bising lainnya. Hal ini bisa berpengaruh pada pendengaran si bayi terutama pada kehamilan tri-smester pertama
  • Pantangan ibu hamil usia muda yang kedua Kegiatan bersepeda. Bersepeda memang bisa membuat tubuh anda semakin bugar terutama jika dilakukan setiap pagi hari. Namun, hal ini memiliki resiko yang cukup besar terutama bagi ibu yang memasuki masa trismester kedua. Semakin besar perut ibu hamil, resiko keguguran akan semakin besar. Cobalah aktivitas lain yang resikonya lebih minimal bahkan tidak ada sama sekali.
  • Kegiatan sauna. Walaupun sebenarnya kegiatan ini bisa membantu memperbaiki kondisi mental si ibu, yaitu mampu membuat si ibu tenang, tidak stress dll. Namun, suhu yang terlalu hangat atau panas bisa mengganggu perkembangan janin, terutama perkembangan otak janin bisa terganggu, pilihlah alternative aktivitas lainnya. Untuk itu sauna adalah salah satu kegiatan yang dilarang saat sedang hamil.
  • Hindari dehidrasi. Sebagian dari kita akan merasa haus saat tubuh mengalami dehidrasi, bagi ibu yang sedang hamil muda ada baiknya selalu membawa persediaan air putih kemana-pun dia pergi, terutama saat kegiatan shopping, berrekreasi, atau pada saat bekerja. Dehidrasi bisa mengganggu perkembangan janin bayi
Itulah 4 pantangan kehamilan usia muda terutama dalam hal kegiatan atau aktivitas yang harus dihindari karena bisa mengganggu perkembangan janin maupun mengganggu kesehatan si Ibu sendiri. Sebenarnya anda masih bsa melakukan keempat aktivitas tersebut asalkan dalam porsi dan ukuran yang pas. Jangan melakukannya secara berlebihan karena memiliki resiko yang sangat tinggi terhadap janin anda. untuk kebugaran fisik anda bisa melakukan aktivitas lain seperti berenang. Aktivitas ini bisa meningkatkan kebugaran fisik, serta dapat mempermudah anda saat proses melahirkan nantinya. Berenang juga bisa meningkatkan kesehatan janin.

Selain 4 pantangan atau larangan untuk orang hamil yang telah disebutkan diatas, ada beberapa hal lain yang harus ibu perhatikan demi menjaga kesehatan ibu dan bayi. Aktivitas tersebut ialah scuba diving. Kegiatan ini sangat berbahaya bagi anda yang sedang hamil muda, karena nitrogen yang terkandung ketika menyelam akan masuk ke aliran darah, dan mengancam janin anda. aktivitas selanjutnya ialah perawatan di salon. Saat anda mengunjungi salon dengan niat untuk memanjakan diri, anda pastinya akan menghirup aroma kosmetik tertentu. Kandungan chemicalnya dapat sangat tidak baik untuk janin anda. biasakan untuk menggunakan masker, lebih baik anda disebut berlebihan atau lebay dari pada kesehatan calon bayi anda dapat terganggu.
Selanjutnya hal-hal yang perlu dihindari saat hamil muda yakni melakukan permainan yang memicu adrenalin. Jika anda sedang bermain di Dufan atau tempat wisata lainnya, tundalah sejenak keinginan anda untuk menaiki wahana yang dapat memacu adrenalin, karena jika adrenalin anda terpicu, tentu akan membahayakan dan mempengaruhi calon bayi anda, terutama jika anda masuk dalam masa trimester kedua. Pantangan atau larangan ibu hamil ini harus benar benar diperhatikan agar bayi tetap sehat sejak dalam kandungan.
Selain pantangan bagi ibu hamil muda diatas, sebenarnya ada juga pantangan makanan atau minuman bagi ibu hami. Ada beberapa makanan yang memang dilarang atau sebaiknya dihindari untuk orang yang yang sedang mengandung. Pada artikel selanjutnya kita akan bahas makanan apa saja yang tidak boleh di makan oleh ibu hamil tersebut. Demikian pembahasan pantangan ibu hamil muda, Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kandungan kafein pada kopi good day

Bolehkah ibu hamil minum cappucino cincau

Keluar cairan bening saat hamil 9 bulan