Larangan makanan untuk ibu hamil

Sayuran dan buah buahan memang baik untuk kesehatan, terutama ibu hamil. Namun tahukah bunda, tidak semua jenis sayur ini dapat dikonsumsi oleh bunda yang sedang hamil. Ada beberapa jenis sayuran dan juga buah yang justru berbahaya bagi kehamilan jika dikonsumsi.
Kehamilan merupakan hal yang paling didambakan oleh setiap orang. Bahkan untuk urusan makan juga sangat dihati hati. Ada beberapa jenis makanan pantangan ibu hamil yang tidak boleh dikonsumsi karena alasan kesehatan.

Makanan Pantangan Untuk Ibu Hamil

Beberapa daftar makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibi hamil dan masuk dalam kategori makanan pantangan ibu hamil antara lain:
1. Lalapan mentah
Makanan mentah memang baik karena kandungan gizinya tetap terjaga dan tidak rusak karena dimasak. Namun disamping kelebihannya ini, sayuran mentah mempunyai tingkat kerentanan bakteri yang cukup tinggi.
Jika tidak dicuci bersih, bakteri yang menempel pada makanan tidak akan hilang dan justru ikut masuk kedalam tubuh kita. Jika ibu hamilmengkonsumsi makanan mentah yang biasanya dijadikan lalapan, maka sangat besar kemungkinan makanan yang tercemar tersebut ikut mencemari janin.
2. Buah nanas
Nanas memang lezat dan segar. Rasanya yang manis dan agak asam merupakkan hal yang cukup menggoda untuk dimakan. Nanas muda juga banyak yang dijadikan sayur. Namun untuk bunda yang sedang hamil lebih baik untuk menghindari makan nanas ini dulu. Nanas ini, terlebih nanas muda mengandung zat yang dapat memicu keguguran.
3. Buah durian
makanan pantangan ibu hamil11Suka durian? Untuk bunda yang sedang hamil, lebih baik menahan sebentar dulu sampai dedek bayi lahir. Belum diketahui secara pasti bahwa durian dapat menyebabkan keguguran. Namun kandungan alkohol pada durianiini dikhawatirkan akan menyebabkan kontraksi yang mana akan memicu keguguran.
4. Buah pepaya
Buah pepaya muda banyak mengandung at dalam getahnya. Zat ini akan berpengaruh pada kandungan, yaitu memicu kontraksi.
Jika kontraksi terjadi dalam usia kandungan yang belum matur atau tua akan beresiko mengalami keguguran. Namun tidak semua pepaya tidak boleh dimakan. Pepaya yang seperti apa yang boleh dikonsumsi oleh ibu hamil? Baca selengkapnya di Manfaat Pepaya, Bolehkah Ibu Hamil Makan Pepaya?
5. Sayur pare
Pare mengandung asam folat yang sangat penting untuk kehamilan. Namun disisi lain, pare juga mengandung zat yang dapat menyebabkan kontraksi dini pada rahim. Hal ini tentu sangat berbahay. Ol+eh karena itu, konsumsi pare harus bunda batasi untuk mencegah hal hal yang tidak diinginkan terjadi.

6. Buah anggur
Buah anggur ini merupakan bahan dasar pembuatan alkohol. Untuk itu bunda lebih baik menghindari anggur terlebih dahulu karena sifat anggur yang panas ini tidak baik untuk janin.
7. Tape
Tape mempunayi ifat yang sama dengan alkohol. Panas yang timbul setelah makan tape ini juga diakibatkan karena kandungan alkohol yang dimiliki tape. Karena hal terseut, tape ini sangat tidak direkomendasikan untuk ibu hamil.
8. Sushi
makanan pantangan ibu hamil11Sushi ini merupakan makanan khas dari negri sakura. Shusi ini merupakan jenis makanan yang dikonsumsi dalam keadaan mentah. Mengkonsumsi sushi sangat tidak disarankan untuk ibu hamil karena banyaknya bakteri yang terkandung dalam makanan mentah. Bakteri tersebut tentu berbahaya bagi kesehatan ibu dan janin.
9. Sayur nangka muda
Sama halnya dengan pepaya, nangka muda juga mengandung banyak getah yang sangat berbahaya jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Getah pada nangka muda ini beresiko meningkatkan kontraksi pada rahim yang mana dapat memicu terjadinya keguguran.
10. Ikan yang mengandung zat berbahaya
Jenis ikan yang hidup didaerah polutan biasanya mempunyai kandungan zat berbahaya. Ikan mujair sangat baik untuk kehamilan, namun ikan mujair mempunyai kemampuan menyerap dan membersihkan kotoran pada ekosistemnya. Jenis ikan mahal seperti ikan tuna juga mempunyai kadar merkuri yang cukup tinggi, sehingga dalam mengkonsumsi harus berhati hati.
11. Seafood mentah
Seafood merupakan makanan dengan kandungan protein yang sangat tinggi sehingga sangat baik untuk perkembangan dan kesehatan ibu serta janin. Namun jika seafood ini dikonsumsi dalam keadaaan mentah justru dapat berbahaya bagi janin. Seafood mentah juga mengandung berbagai bakteri seperti pada sushi.
12. Kerang mentah
Sama halnya dengan jenis seafood yang lain, kerang mentah ini sangat berbahaya jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Jika bunda mengkonsumsi kerang dalam keadaan mentah, kerang ini dapat menyebabkan keracunan yang tentu sangat membahayakan ibu dan juga janinnya.
13. Keju
Sebagian ibu hamil menyangka keju ini baik untuk kehamilan karena keju terbuat dari susu. Namun pemikiran seperti itu tidak sepenuhnya tepat. Beberapa jenis keju ada yang tidak dipasteurisasi dalam proses pembuatannya. Proses pasteurisasi ini yang membunuh bakteri yang ada pada susu.
Beberapa jenis keju yang tidak mengalami proses pasterusisaiini diantaranya:
  • Keju Brie
  • Keju Camembert
  • Keju Feta
  • Blue Cheese
  • Roquett
14. Makanan dengan pemanis buatan
Makanan ataupun minuman yang mengandung pemanis buatan tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Jika ibu hamil mengkonsumsi jenis makanan seperti ini, dikhawatirkan hal hal buruk berikut dapat terjadi:
Sistem syaraf janin akan terganggu sehingga bayi lahir dalam keadaan keterbelakangan mental.
Jantung serta paru paru tidak terbentuk sempurna.
Infeksi pada saluran keih janin.

Untuk jenis makanan yang mengandung pemanis buatan ini, boleh bunda konsumsi dalam jumlah yang sedikit.
15. Makanan dengan gula tinggi
Makanan manis dengan kadar gula yang tinggi sangat tidak baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Halini karena gula yang tinggi akan diserap oleh janin, sehingga janin akan tumbuh terlalu gemuk. Jika bayi terlalu gemuk, proses persalinan normal akan sulit dilakukan. Selain itu, jika bunda terlalu sering mengkonsumsi makanan manis maka kadar gula darah bunda juga akan meningkat.
16. Makanan tinggi lemak
Makanan yang tinggi dengan kandungan lemaknya sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Hal ini karena makanan ini dapat menyebabkan peningkatan kolesterol jahat pada tubuh.
17. Sate kambing
Ibu hamil dnegan kondisi seperti mempunyai tekanan darah tinggi dan tinggi kolesterol tidak disarankan untuk mengkonsumsi daging kambing. Jika ibu dengan hipertensi atau mempunyai tekanan darah tinggi mengkonsumsi daging kambing, dikhawatirkan akan menimbulkan keadaan preeklamsi atau tekanan darah tinggi pada saat haml yang ditakutkan akan mengakibatkan kejang serta kematian pada ibu.
18. Makanan asin
Mengkonsmsi makananan yang terlalu asin beresiko meningkatkan tekanan darah yang mana juga meningkatkan resiko pre eklamsi.
19. Makanan denga pengawet tinggi
Makanan yang mempunyai tingkat pengawet yang tinggi sangat tidak baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Makanan ini dapat membahayakan perkembnagan dan pertumbuhan otak janin.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kandungan kafein pada kopi good day

Bolehkah ibu hamil minum cappucino cincau

Keluar cairan bening saat hamil 9 bulan