Hamil 3 bulan berat badan turun

Banyak sekali perubahan yang terjadi pada tubuh ibu hamil, salah satunya adalah penambahan berat badan. Penambahan berat badan ibu hamil sangat dipengaruhi oleh indeks massa tubuh (IMT) sebelum hamil dan juga intake nutrisi selama kehamilan. Umumnya selama 3 bulan pertama wanita hamil akan mengalami kenaikan berat badan sebanyak 1-2,5 kg. Beberapa ibu hamil yang mengalami mual muntah cukup parah bisa saja tidak mengalami kenaikan berat badan sama sekali. Selanjutnya pada trimester 2 dan 3 berat badan ibubhamil akan naik sebanyak 0,25-0,5 kg/minggunya.
Jika Anda mengalami penurunan berat badan selama masa kehamilan, sebaiknya Anda melakukan kontrol kehamilan dengan dokter kandungan agar bisa dilakukan pemeriksaan misalnya dengan USG untuk mengetahui kondisi kehamilan dan janin Anda. jIka dari hasil pemeriksaan didapatkan kondisi kehamilan dan janin baik maka Anda tidak perlu khawatir.
Terkait dengan perut kram dan sulit tidur, bisa disebabkan karena Anda merasa kelehana, cemas, stress, kontraksi rahim saat berhubungan seksual, ada gas berlebih di perut, masalah pada kandungan, dan masalah di luar rahim seperti infeksi saluran kemih, batu saluran kemih, dll. Untuk memastikannya ada baiknya jika Anda berkonsultasi dengan doktefr kandungan secara langsung.
Sementara itu Anda bvisa melakukan beberapa tips berikut ini:
  • Penuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil
  • Cobalah untuk makan dengan lebih sering dalam porsi yang lebih kecil 3-6x/hari dengan tamabhan kalori misalnya menambahkan susu, keju, mayonaise, dll
  • Minum susu hamil 2x/hari
  • Istiorahat cukup
  • Usahakan untuk menghindari stress
  • Hindari aktivitas berat atau mengangkat beban berat


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kandungan kafein pada kopi good day

Bolehkah ibu hamil minum cappucino cincau

Keluar cairan bening saat hamil 9 bulan