Makanan sehat ibu hamil 4 bulan

Pada tahap usia janin mencapai 4 bulan pertama juga menjadi salah satu fase yang sangat riskan. Anda harus benar-benar berhati-hati menjaga janin Anda agar kesehatan janin terjaga dan tidak mendapat gangguan.
Organ penglihatan seperti kornea, iris, lensa dan juga retina juga sudah mulai berfungsi pada bulan ke empat ini. Hal ini dapat ditandai saat janin mulai mengedipkan mata pada cahaya. Sementara itu organ pendengaran seperti telinga janin juga sudah terletak pada posisinya. Kemudian perkembangan alat kelaminnya juga sudah semakin jelas dan terlihat pada akhir bulan ke 4 kehamilan Anda.

Bahkan saat Anda hamil 4 bulan pertama, bayi mulai sering bermain dengan tali pusat dan bergerak-gerak di dalam rahim. Bagian tulangnya semakin berkembang dan terus bertambah panjang. Bayi sudah bisa mendengar denyut jantung, suara Anda bahkan suara perut. Fisiknya akan terus mengalami perubahan sehingga dianjurkan sudah terbiasa untuk Anda memakai baju yang longgar seperti baju hamil. 


Semua itu dimaksudakan agar janin dalam rahim Anda bisa bergerak dengan longgar dan aktif. Oleh karena itu bukan hal yang mengherankan jika untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin diperlukan makanan ibu hamil yang sesuai standar.
Pada dasarnya makanan ibu hamil masih mengikuti makanan '4 sehat 5 sempurna' yang mengandung gizi lengkap yang duah terjamin. Makanan untuk ibu hamil harus mengutamakan pada makanan yang mengandung zat-zat seperti magnesium, kalsium, vitamin D, vitamin B, dan Omega 3. Untuk ibu hamil 4 bulan pertama, tubuhnya sangat membutuhkan asupan zat-zat tersebut guna menyempurnakan pertumbuhan dan perkembangan janinnya. Dengan terpenuhinya asupan zat-zat tersebut maka harapan mendapatkan bayi yang cerdas dan sehat pun tidaklah mustahil.

Berikut ini adalah beberapa makanan untuk ibu hamil 4 bulan pertama:


1. Ikan yang Kaya dengan Omega 3
Omega 3 adalah salah satu zat yang sangat penting untuk pertumbuhan otak dan mata. Salah satu zat makanan yang banyak mengandung omega 3 terdapat pada ikan. Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa ibu hamil yang mengkonsumsi ikan setiap minggu dengan minimal dua porsi akan semakin membantu perkembangan IQ nya.

Ikan seperti salmon, tuna, mackerel dan lain-lain kaya asam lemak omega-3. Hal ini penting untuk pengembangan otak pada bayi. Anda akan segera melahirkan bayi yang cerdas dan sehat dibandingkan para ibu hamil yang kurang mengkonsumsi dua porsi ikan.
2. Bayam, Ayam Tanpa Lemak dan Kacang-kacangan sebagai Sumber Zat Besi
Anemia biasanya akan sering dialami oleh ibu hamil sehingga asupan zat besi sangat diperlukan. Konsumsi makanan yang mengandung banyak zat besi sangat membantu untuk membentuk darah dan membantu nutrisi yang cukup selama janin di dalam kandungan terutama bagi ibu hamil 4 bulan pertama. Janin yang menerima zat besi akan membuat bayi Anda menjadi lebih cerdas.

Zat besi dapat membantu lancarnya pengiriman oksigen ke sel-sel otak bayi Anda selama kehamilan. Beberapa makanan yang mengandung banyak zat besi diantaranya adalah kurma, pisang, labu, bayam, ayam tanpa lemak dan kacang-kacangan. Selain itu, Anda juga bisa berkonsultasi pada dokter untuk mendapatkan suplemen dengan kandungan zat besi yang cukup.
3. Yogurt, Susu, Buah, dan Sayur yang Mengandung Protein
Bagi ibu hamil 4 bulan pertama, akan ada beberapa usaha ekstra untuk membantu lancarnya pembentukan sel-sel saraf bayi dalam rahim Anda. Janin yang sedang berkembang di dalam rahim akan membutuhkan banyak protein. Untuk mendapatkan protein tambahan, Anda dapat mengkonsumsi makanan yang dilengkapi dengan protein nabati atau protein hewani. 

Anda dapat memilih bahan makanan seperti yogurt, sayuran, buah-buahan, susu atau telur. Semua protein yang terkandung dalam makanan tersebut akan sangat membantu Anda mendapatkan cukup protein guna melancarkan proses pembelahan sel. Pembelahan sel yang berhasil akan membuat bayi yang terlahir menjadi cerdas dan sehat.
4. Suplemen Asam Folat dan Sayuran Berdaun Hijau sebagi Sumber Asam Folat
Pada awal bulan ke 4 kehamilan Anda sangat penting mengkonsumsi makanan yang bisa membantu perkembangan sel-sel otak seperti asam folat. Beberapa hasil studi bahkan menunjukkan bahwa ibu hamil yang mengkonsumsi asam folat sebelum dan sesudah kehamilan akan mengurangi potensi terlahir bayi autis. 

Perkiraannya bisa sekitar 40 persen dibandingkan yang tidak mengkonsumsi asam folat. Ada berbagai sumber asam folat yang bisa Anda dapatkan dan mengkonsumsinya. Beberapa sayuran berdaun hijau seperti bayam dan lentil mengandung asam folat yang begitu tinggi. Bahkan Anda bisa saja mendapatkan asupan tambanhan asam folat dari beberapa suplemen. Terpenuhinya kebutuhan asam folat pada janin akan melahirkan bayi yang cerdas dan sehat.

Bunda, memang benar tidak hanya pada saat Anda hamil saja mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak gizi. Saat Anda memutuskan untuk bisa segera hamil, konsumsi makanan ibu hamil seagai persiapan sangatlah bagus. Anda tidak perlu memaksakan diri untuk makan banyak dengan dua kali lipat dari porsi yang biasanya. Anda hanya perlu mengkonsumsi makanan ibu hamil 4 bulan pertama yang sesuai kebutuhan gizi agar dapat melahirkan bayi yang cerdas dan sehat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kandungan kafein pada kopi good day

Bolehkah ibu hamil minum cappucino cincau

Keluar cairan bening saat hamil 9 bulan