Janin aktif sebelah kanan

Topik tentang kehamilan selalu merupakan topik terhangat di negara yang angka kelahirannya tinggi, seperti Indonesia. Namun, saya pikir topik kehamilan yang lebih spesifik akan memberikan wawasan yang lebih bagi para ibu hamil untuk mempersiapkan kehamilan mereka. Salah satu yang spesifik menurut saya adalah mengenai janin aktif bergerak sebelah kanan, di mana 10 faktanya akan saya ulas pada artikel ini:

1. Itu Bayi Laki-Laki

Source: cabujak
Ada yang mengatakan poin pertama ini adalah mitos, tapi, saya pikir yang mengatakan mitos itu antara belum memiliki pengalaman serupa atau belum punya kerabat yang mengalaminya. Namun, sejauh yang saya alami melalui bergaul dengan ibu-ibu yang pernah merasakan kehamilan, janin aktif bergerak sebelah kanan kebanyakan akhirnya menjadi bayi laki-laki.

2. Tanda Sudah Mengandung Lebih Dari 3 Bulan

Source: brusalvate
Aktivitas janin mulai terlihat pada 3 bulan pertama kehamilan. Karenanya apabila ibu hamil merasakan janin aktif bergerak sebelah kanan ataupun kiri, paling tidak Anda semua para ibu hamil dapat menyimpulkan bahwa Anda telah mengandung selama lebih dari 3 bulan. Terlebih apabila ada gerakan-gerakan “halus” seperti pukulan dan tendangan yang geli.

3. Mood Janin Yang Berubah

Source: adibalea
Percaya tidak percaya, janin telah memiliki mood sejak dalam kandungan. Karena memiliki mood itulah, janin dapat aktif bergerak sesuai dengan perasaan yang dirasakannya. Termasuk di dalamnya adalah bergerak di sebelah kanan rahim ibu. Ini bisa dirasakan oleh ibu dari perut yang memiliki sensasi seperti menari-nari.

4. Menunjukkan “Bahasa Awal” Janin

Source: jry140305
Kalau ada yang mengatakan bahwa kita belajar meminta sejak balita, mereka salah. Justru menurut pengamatan saya, manusia telah belajar meminta sesuatu dari orang yang dekat dengan mereka sejak masih dalam kandungan. Itulah sebabnya ada ibu hamil yang tiba-tiba ingin memakan atau melakukan sesuatu yang belum pernah ia lakukan sebelum hamil. Pada janin yang aktif bergerak sebelah kanan, bisa jadi itu bukan kepalanya: Mungkin itu sikunya yang berusaha meminta sesuatu dengan “bahasa kalbu”-nya.

5. Janin Belajar Tidur Miring Ke Kanan

Source: Profile
Janin aktif bergerak sebelah kanan juga berarti janin dalam kandungan belajar tidur miring ke kanan. Dalam belajar tidur miring ini, ibu hamil akan merasakan berat perut di bagian kanan saat duduk maupun saat tidur. Saat duduk maupun tidur inilah, ibu perlu memberikan ganjalan seperti bantal atau guling yang lembut dan tidak terlalu berat, sehingga kepala bayi dalam kandungan akan tersangga dengan baik.

6. Ada Hubungan Dengan Letak Anggota Tubuh Janin

Source: KathrinPie
Letak anggota tubuh janin ikut berpindah-pindah seiring dengan perpindahan gerakan janin dalam kandungan. Ada kalanya kepala janin berada di bawah rahim, ada saatnya kakinya yang berada di atas, dan sebaliknya. Janin akan terus berputar selama belum waktunya bagi si ibu untuk melahirkan. Untuk janin yang aktif bergerak sebelah kanan, kepalanya biasanya di atas rahim.

7. Janin Berusaha “Berperang” Dari Sisi Kanan

Source: ryan.dowd
Manusia telah belajar berperang sejak ada dalam kandungan. Sejak dapat bergerak, kita dapat melihat pergerakan aktif janin dari layar monitor USG. Terkadang, untuk janin aktif bergerak sebelah kanan, kita kerap menjumpai gerakan-gerakan seperti orang sedang mengayunkan pedang dari tangan atau kaki. Itulah tanda janin berusaha “berperang” dari sisi kanan, memerangi zona amannya (yakni rahim ibu) dan plasenta yang membungkus selaput kulitnya.

8. Janin Lebih Senang Berada Di Sisi Kanan

Source: Pexels
Fakta lain yang perlu Anda ketahui tentang janin aktif bergerak sebelah kanan adalah preferensi janin itu sendiri, yang akan ia bawa hingga dewasa kelak. Ada beberapa orang yang memilih kiri dibandingkan kanan, ada juga yang sebaliknya. Dengan aktifnya janin dalam bergerak di sebelah kanan, salah satu alasannya adalah karena ia lebih memilih kiri dibandingkan kanan.

9. Akan Menjadi Anak Yang Aktif

Source: riad135
Beberapa psikolog dan referensi psikologi mengatakan, manusia telah memiliki kecenderungan kepribadian sejak masih menjadi janin dalam kandungan. Jika kecenderungan janin aktif, maka tidak mengagetkan kalau nantinya anak ini akan menjadi anak yang aktif. Terlebih apabila janin aktif bergerak sebelah kanan, yakni tempat di mana banyak rongga bagi janin untuk bergerak.

10. Saatnya Ibu Hamil Belajar Lebih Lagi

Source: Profile
Siapa bilang janin urusan janin, dan ibu hamil urusan ibu hamil? Karena ibu hamil dan janin merupakan satu bagian, maka sebagai calon ibu, inilah saatnya bagi ibu hamil belajar lebih lagi mengenai perilaku anak. Sekarang Anda para ibu hamil telah mengetahui fakta-fakta mengenai janin aktif bergerak sebelah kanan, mengapa tidak melanjutkannya untuk memahami dan mempelajari tendensi kepribadiannya secara lebih terperinci? Siapa tahu, dari sana, hubungan dengan calon anak pun akan menjadi baik dan Anda makin dicintai anak(-anak) Anda.
Kesepuluh fakta mengenai janin aktif bergerak sebelah kanan tersebut hendaknya dapat menjadi sesuatu yang bukan hanya menambah wawasan bagi Anda semua para pembaca dan ibu hamil, namun juga menjadi hal yang memotivasi Anda untuk makin menghargai kehidupan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kandungan kafein pada kopi good day

Bolehkah ibu hamil minum cappucino cincau

Keluar cairan bening saat hamil 9 bulan