Gerakan janin di perut sebelah kanan

Ketika janin memasuki usia 8 bulan, maka semua indra janin sudah mulai berfungsi. Gerakan-gerakan dari janin sudah mulai jelas terasa. Pada masa ini janin sudah terbentuk dengan sempurna, dan posisi kepala janin juga sudah berada di bawah atau cephalic.
Pada usia janin 8 bulan bagian paru-paru dan plasenta sudah mencapat tahap matang.Panjang janin pada usia ini mencapai 45 hingga 50 cm, sedangkan beratnya mencapai 1,8 kg. Dengan ukuran tersebut wajar saja jika kantung ketuban atau amnoim akan mulai terasa sempit.
Pada saat ini cairan amnion akan mencapai volume yang optimal, hingga kemudian mengalami pegurangan.Pada saat janin memasuki usia 33 minggu, maka kuku pada jari tangan sudah mulai tumbuh. Kelopak mata sudah mulai dapat dibuka dan ditutup, selain itu bagian ini juga sudah mulai ditumbuhi oleh bulu mata.
Kebutuhan oksigen bayi pada usia ini masih disuplai oleh ibu, karena masa ini janin masih belum dapat bernafas dengan sempurna. Bagian paru-paru dan juga ginjal masih belum berfungsi secara sempurna.
Pada usia ini janin sudah dapat mempelajari bahasa yang sangat sederhana, seperti suara ibu dan suara orang-orang yang berada di sekitarnya. Ketika Sang ibu sering membacakan cerita pada sang janin, maka ketika bayi lahir, bayi tersebut akan mulai terlelap ketika dibacakan cerita seperti itu, ini seperti cerita penghantar tidur.
Memasuki bulan ini, perkembangan otak janin berkembang sangat pesar, salah satu fungsi otak sebagai penghantar rangsangan pada syaraf dapat bekerja dengan baik. Memasuki bulan ini, aktifitas janin sudah dapat selaras dengan berbagai macam aktifitas ibu. Janin akan banyak melakukan aktifitas di siang hari dan akan beristirahat pada malam hari.

Perkembangan janin pada minggu ke-29

Pada usia ini posisi kepala janin sudah berada di bawah. Jaringan lemak pada bayi juga sudah mulai terbentuk. Bobot bayi sekitar 1250 gr dengan ukuran panjang rata-rata sekitar 37 cm. Pada saat ini memang sangat rentan terjadi kelahiran secara prematur. Karena kelahiran secara prematur ini akan dapat mempengaruhi keteralambatan pada perkembangan fisik dan juga mentalnya. Ketika bayi lahir pada usia ini, maka bayi akan kesulitan untuk bernafas, walaupun bisa bernafas namun dengan nafas yang terengah-engah.
Bayi ini dapat menangis, namun dengan suara yang lirih. Kelahiran pada usia ini, membuat kemampuan bertahan hidup bayi menjadi berkurang, karena pada kondisi ini perkembangan paru-paru masih belum terlalu sempurna. Dengan perawatan yang baik dan juga teratur, dan juga dengan bantuan dari para ahli, kemungkinan bayi prematur hidup dengan baik menjadi lebih besar.

Perkembangan janin pada minggu ke-30

Pada minggu ini, bobot bayi rata-rata mencapai 1400 gr dean ukuran panjang berkirar antara 38 cm. Pada saat ini posisi puncak rahim yang berada di sekitar 10 cm di atas pusar semakin membesar dan membuat perasaan tidak nyaman, ditambah lagi pada saat ini, panggul dan juga perut juga bertambah besar, seiring dengan membesarnya bayi yang berada di dalam kandungan.
Anda dapat membagi kebahagiaan tersebut bersama suami, mintalah suami untuk meraba perut Anda, untuk merasakan berbagai gerakan sang janin. karena pada saat ini janin akan semakin aktif bergerak, Anda dapat merasakan denyutan halus, tendangan, sikutan, bahkan gerakan meliuk-liuk yang dilakukan oleh bayi, gerakan ini akan sedikit menimbulkan rasa nyeri pada ibu.
Ketika janin aktif bukan tidak mungkin akan membuat sumpil-simpul pada tapi pusarnya. Jika sampai membentuk simpul mati tentunya ini akan sangat membahayakan kondisi janin. Karena berbagai macam suplai gizi dan juga oksigen yang berasal dari ibu akan terhenti atau setidaknya akan terhambat.
Pada saat ini janin akan mengisi seluruh ruang rahim. Ketika janin sedang menendang atau bahkan mendorong, maka Anda akan dapat melihat kaki atau tangan yang bergerak di bagian bawah kulit atau di bagian dalam perut Anda. Pada kondisi ini perkembangan otak janin bergerak sangat cepat.

Perkembangan janin memasuki minggu ke-31

Pada saat ini berat janin rata-rata sekitar 1600 gr sedangkan ukuran panjangnya berkisar antara 40 cm. Pada saat seperti ini bagian tubuh ibu yang sering terasa sakit adalah bagian tulang iga sebelah kanan. Selain itu ibu juga sering kali merasakan mata berkunag-kunang dan juga sakit kepala, terutama jika disertai dengan tekanan darah tinggi hingga 30 ml/Hg. Pada Usia janin seperti ini sangat baik untuk ibu hamil rajin memeriksakan diri ke doker kandungan untuk mengamati kondisi tekanan darah.
Bagian tubuh ibu terutama kaki akan mengalami pembengkakan. Jika terjadi hal-hal seperti ini, ada baiknya lebih banyak untuk beristirahat dengan cara berbaring secara miring, Anda juga dapat mengurangi berbagai macam aktifitas, ini juga dapat membantu tumbuh kembang janin.
Ketika janin tumbuh besar, secara otomatis ruang gerak janin akan semakin terbatas karena ruang rahim yang sempit. Itu juga yang membuat gerakan janin menjadi berkurang. Pada masa ini posisi janin sedikit melengkungkan tubuh ke dalam, dimana lutut dilipat, dagu ditekankan pada dada, serta tangan dan kaki saling bersilang.

Perkembangan janin memasuki minggu ke-32

Pada saat seperti ini posisi kepala janin sudah semakin ke bawah. Pada saat seperti ini janin akan sering melakukan gerakan menendang, dengan rata-rata 375 kali tendangan per hari. Namun tidak semua gerakan ini dapat Anda rasakan, Anda hanya dapat merasakan rata-rata 10 kali tendangan. Pada usia ini berat bayi sudah mencapai 1800 hingga 2000 gr dengan panjang rata-rata 42 cm. Pada masa ini kunjungan pada bidan atau dokter kandungan sebaiknya lebih intensif menjadi 2 minggu sekali.
Karena biasanya pada masa seperti ini terjadi pengenceran darah atau hemodilusi akan mengalami puncaknya. Untuk ibu yang mempunyai penyakit kelainan jantung, seperti preeklamsia, hipertensi dll, ada baiknya lebih berhati-hati, karena ketika jumlah darah semakin meningkat, secara otomatis kerja jantung juga akan semakin meningkat.
Untuk para ibu yang mempunyai masalah dengan jantung, dan juga tekanan darah, tentunya akan memperbesar peluang terjadi penyempitan pembuluh darah, dampak yang paling buruk adalah terjadinya tekanan darah tinggi. Kondisi seperti ini tidak terlalu bebrahaya, namun jika tekanan darah tidak turun maka ada pertimbangan khusus dari dokter untuk mengatasi masalah ini.


Sumber: https://ibubidan.com/617-perkembangan-janin-memasuki-usia-8-bulan.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kandungan kafein pada kopi good day

Bolehkah ibu hamil minum cappucino cincau

Keluar cairan bening saat hamil 9 bulan