Cara perawatan ibu hamil 2 bulan

Tak semudah membalik telapak tangan untuk mengkonsumsi makanan - makanan sehat, mengingat pada awal masa kehamilan penciuman ibu hamil menjadi sangat sensitif sehingga sering mual dan muntah hanya gara - gara mencium aroma makanan tertentu.
Keadaan seperti ini sudah tidaklah asing bagi ibu hamil, mereka harus melawan mual dan muntah dengan segala macam tips agar kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan janin bisa terpenuhi dengan sempurna. Perlu diketahui bahwa, menghilangkan mual dan muntah dengan mengkonsumsi obat mual sangatlah tidak dianjurkan, kecuali telah dikonsultasikan dulu ke dokter.

Perawatan Ibu Hamil 2 Bulan

Setelah mual teratasi, lakukan perawatan kehamilan dengan baik agar kehamilan sehat. Pada usia kehamilan trimester pertama (1-3 bulan), ibu hamil harus lebih ekstra dalam menjaga kehamilannya karena pada masa ini calon bayi masih sensitif terhadap zat tertentu dan rawan keguguran jika sampai terkena guncangan keras. Berikut ini adalah beberapa contoh cara perawatan kehamilan 2 bulan yang sering diabaikan oleh ibu hamil :

1. Ibu Hamil Perlu Konsumsi Buah dan Sayur

    Sayur dan buah sangat diperlukan oleh ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan nutrisi diri dan calon bayinya. Sayur - sayuran yang bik untuk ibu hamil misalnya wortel, kembang kol, jagung manis, brokoli. Sedangkan buah yang baik untuk dikonsumsi ibu hamil adalah jeruk, apel, jambu biji, alpukat dan lain - lain.

2. Minum Susu Sangat dianjurkan untuk Ibu Hamil

Susu adalah jenis makanan pelengkap yang sering diistilahkan dengan 4 sehat 5 sempurna. Kandungan nutrisi yang terkandung dalam susu dan produk olahannya sangatlah baik untuk ibu hamil, terutama kalsium yang berfungsi untuk membantu dalam pembentukan tulang dan gigi. Bagi sebagian ibu hamil, minum susu itu menyenangkan, namun sebagian yang lain tidaklah mudah untuk minum susu karena faktor mual yang semakin menjadi - jadi saat minum susu. Solusinya adalah mengkonsumsi produk olahan susu, sepert keju dan yoghurt.

3. Ibu Hamil Wajib Konsumsi Makanan kaya Protein  

Pada usia kehamilan 1 sampai 3 bulan, kebutuhan protein sangatlah banyak, karena pada masa ini calon bayi berkembang sangat cepat sehingga memerlukan banyak asupan protein. Makanan yang banyak mengandung protein antara lain adalah daging, telur, tempe, tahu dan lain - lain.
Setelah Anda mengetahui beberapa makanan yang baik untuk ibu hamil, terutama pada usia kehamilan trimester pertama, selanjutnya Anda perlu mengatur cara makan yang baik agar perawatan kehamilan sempurna.

  • Perbanyak makan buah dan sayur agar tidak mengalami obesitas
  • Makan dalam porsi kecil tapi sering, caranya adalah 3 kali makan berat, 2 kali camilan bergizi. Contoh penyajiannya adalah sebagi berikut
Jam 07.00 sarapan pagi
Jam 10.30 makan camilan
Jam 13.00 makan siang
Jam 14.30 camilan
Jam 19.00 makanmalam
Dengan menerapkan cara makan seperti tersebut, Kehamilan agkan menjadi semakin sehat karena konsumsi makanan tidak terganggu oleh morning sickness (mual muntah) yang kadang terjadi tidak hanya di pagi hari.

Pantangan Ibu Hamil 2 Bulan

Semua pantangan kehamilan harus dihindari, mengingat pada usia kehamilan 2 bulan ini, calon bayi masih sangat lemah. Ada beberapa jenis makanan dan minuman yang harus dihindari saat hamil muda, antara lain adalah :

  • Daging setengah matang
  • seafood mengandung merkuri
  • junkfood
  • Sushi
  • Alkohol
  • minuman mengandung kafein
  • dan lain - lain





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kandungan kafein pada kopi good day

Bolehkah ibu hamil minum cappucino cincau

Keluar cairan bening saat hamil 9 bulan