Pantangan orang hamil dalam islam

Khusus untuk ibu hamil yang muda yang masih dalam masa pertumbuhan dan penuh dengan kerentanan. Kita ketahui bersama bahwa trimester pertama merupakan periode rawan terjadinya keguguran.
Mungkin anda sudah mengetahui apa saja pantangan untuk ibu hamil muda, terutama yang percaya dengan adat jawa. Adat jawa memberikan banyak sekali pantangan untuk para ibu hamil muda. Lalu apa saja makanan yang menjadi pantangan ibu hamil muda yang harus anda hindari, supaya bayi anda tetap sehat. Berikut penjelasannya.

Makanan dan Minuman Yang Menjadi Pantangan Ibu Hamil Muda

  1. Makanan Yang Masih Mentah atau Setengah Matang

Makanan mentah atau yang masih setengah matang harus dihindari oleh ibu hamil muda. Makanan yang masih mentah atau setengah matang terkadang masih mengandung bakteri atau virus yang belum mati. Jika ini sering dikonsumsi akan berpengaruh kepada pertumbuhan janin anda.
Makanan  yang mentah itu seperti daging mentah, telur setengah matang, telur mentah dan masih banyak lainnya. Usahakan untuk memasak makanan dengan baik dan jaga kebersihannya. Lebih baik mengcegah daripada mengobati, mungkin ini kata yang tepat untuk para ibu hamil muda.
  1. Ibu Hamil Dilarang Makan Seafood

Pantangan ibu hamil yang selanjutnya adalah hindari memakan seafood. Tetapi tidak semua seafood harus anda hindari, seafood yang mengandung banyak omega 3 itu sangat baik untuk pertumbuhan janin anda. Tetapi seafood yang mengandung merkuri harus anda hindari.
Merkuri yang tinggi pada ikan akan dapat merusak otak bayi. Jadi harus lebih memilih lagi ketika anda ingin memakan seafood. Seafood yang mengandung banyak merkuri tinggi antara lain yang terdapat king markerel, udang, kepiting, ikan hiu dan salmon.

  1. Alkohol dan Minuman Bersoda

Ibu hamil muda dan juga ibu hamil tua pun harus menghindari larangan  bagi ibu hamil yang satu ini. Ibu hamil sangat dilarang untuk mengkonsumsi alcohol. Meskipun menurut beberapa penelitian red wine dapat memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh. Itu tetap harus anda hindari ketika anda sedang hamil.
Segala jenis minuman beralcohol dapat menjadi toksin racun bagi bayi. Konsumsi minuman alcohol selama masa kehamilan akan menyebabkan Fetal Alcohol Syndrome dan juga gangguan perkembangan mental lainnya. oleh karena itu jika anda ingin janin anda tubuh dengan sehat, anda harus menghindari konsumsi alcohol selama masa kehamilan anda.
  1. Daging Olahan

Sekarang sudah banyak sekali daging olahan yang beredar dipasaran. Terkadang daging-daging olahan tersebut tingkat kehigienisanya masih kurang. Selain itu banyak yang diolah dengan sembarangan.
Dari beberapa penelitian mengatakan konsumsi daging olahan secara terus-menerus akan meningkatkan risiko mati muda. Daging olahan saja tidak baik dikonsumsi oleh orang yang tidak hamil, apalagi untuk ibu hamil. Larangan untuk ibu hamil ini harus anda hindari ketika sedang hamil maupun untuk makanan sehari-hari.

  1. Kafein

Pantangan ibu hamil untuk menghindari kafein ini mempunyai banyak versi. Ada yang bilang tidak masalah minum kafein asalkan masih batas yang wajar, tetapi ada beberapa penelitian juga yang mengatakan tidak boleh untuk konsumsi kafein.
Beberapa studi penelitian mengatakan konsumsi kafein dalam jumlah yang wajar tidak masalah bagi ibu hamil, tetapi dari beberapa studi yang lainnya mengatakan konsumsi kafein dapat menyebabkan keguguran. Tetapi lebih baik anda menghindarinya terutama pada saat trimester pertama yang masih sangat rentan terhadap keguguran.
  1. Pemanis Buatan

Sebenarnya sampai saat ini efek dari pemanis buatan belum diketahui secara jelas apa saja akibatnya. Tetapi dari beberapa pakar kehamilan melarang ibu hamil untuk konsumsi pemanis buatan terlalu banyak. Sudah jelas itu menggunakan bahan-bahan kimia karena buatan manusia jadi bahan kimia tersebut pasti tidak cocok untuk para ibu hamil.
Pemanis buatan seperti aspartame, sakarin dan splenda dalam batas yang wajar masih boleh dikonsumsi oleh ibu hamil. Tetapi lebih baik anda menghindari pantangan untuk ibu hamil ini, daripada nanti ada hal yang tidak diinginkan. Lebih baik anda mengganti minuman anda dengan air putih atau jus buah, itu lebih bijak dan sehat untuk pertumbuhan janin anda.
  1. Teh Herbal

Untuk orang yang tidak hamil sebenarnya teh herbal sangat baik untuk kesehatan terutama untuk para wanita yang sedang diet. Namun konsumsi teh herbal secara berlebihan akan menyebabkan bahaya bagi tubuh. Kalau dikonsumsi terus-menerus teh herbal akan menjadi racun didalam tubuh anda. Terutama untuk para ibu hamil muda, sangat dilarang untuk konsumsi teh herbal.
Salah satunya adalah teh bunga chamomile, teh bunga ini tidak boleh di konsumsi untuk ibu hamil. Tetapi untuk lebih jelasnya anda bisa bertanya pada dokter kandungan anda, karena setiap ibu hamil mempunyai kebutuhan nutrisi sendiri-sendiri. Dengan berkonsultasi ke dokter maka ibu hamil bisa mendapatkan tambahan informasi mengenai nutrisi yang dibutuhkan.
  1. Sayuran Dan Buah Yang Tidak Dicuci Dengan Baik

Sayuran dan buah-buahan yang anda beli di toko buah atau dipasar biasanya mengandung banyak sekali bakteri dan virus. Walaupun itu sayuran dan buah yang anda beli di supermarket. Ibu hamil sangat membutuhkan nutrisi dan vitamin dari sayuran dan buah-buahan.
Oleh karena itu sangat dianjurkan banyak konsumsi sayuran dan buah-buahan. Tetapi tetap harus konsumsi sayuran dan buah yang bersih. Cuci sayuran dan buah-buahan dengan benar, dengan mencuci sayuran dan buah dengan benar dapat menghindari tubuh anda dari sisa pestisida dan toksoplasma. Toksoplasma merupakan racun yang mencemari tanah untuk menanam buah atau sayuran.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kandungan kafein pada kopi good day

Bolehkah ibu hamil minum cappucino cincau

Keluar cairan bening saat hamil 9 bulan