Kumpulan keluhan hamil 8 bulan

Selama 8 bulan ini saya mengamati dan menjalin kerjasama dengan istri saya yang sedang hamil 8 bulan ini, rasanya keluhan atau masalah kehamilan yang dirasakan datang silih berganti, dimulai dari masalah umum kehamilan seperti mual muntah di trimester awal, kemudian rasa gerah berlebih, bengkak/endema dan susah BAB yang dirasakan di trimester akhir, dan kali ini hadir lagi keluhan di H-1bulan kelahiran.
Mungkin dapat dikatakan masalah kehamilan usia 8 bulan. Apa sajakah itu? berikut ada 5 keluhan kehamilan usia 8 bulan.
1. Pegal kaki
masalah kehamilan
src: garamku.com
Pegal ini dapat sering dirasakan setelah Ibu habis jalan-jalan ringan seperti pergi ke pasar, ke mall, atau kemana saja yang aktivitasnya jalan kaki. Jalan kaki ini sehat loh apalagi kalau dilakukan dipagi hari atau sore hari saat udara segar. Pegal kaki diakibatkan seiring janin semakin besar, tentunya kaki menumpu beban yang semakin berat. Nahh solusinya anda dapat merendam kaki dengan air hangat. Sambil duduk santai, rendam kedua kaki anda dalam air hangat. Istri saya sudah mencobanya dan alhamdulillah selain timbul rasa nyaman, kaki tak pegal-pegal lagi.
2. Pegal punggung
Sederhana sekali solusinya yaitu dengan kesigapan suami untuk bantu memijat punggung istri Anda

3. Pegal daerah alat kelamin
Menurut pengakuan istri, katanya kadang seperti ada yang menekan (maaf) ke vagina sehingga mengakibatkan sakit di vagina dan sekitarnya. Itu adalah lumrah karena kepala janin sudah berada dibawah dan pergerakan janin pun sudah sangat intens/sering. Solusinya bisa dengan senam hamil, jalan kaki ringan, dan tentu semoga ibu tetap sabar ya, insyaAllah menjadi pahala untuk si Ibu, amin:)

4. Strechmark diperut
strechmark
src : klikdokter.org
Masalah ini pun sungguh tak bisa dihindari, strechmark atau tanda berupa garis-garis diperut terjadi karena kulit bagian perut mulai tertarik hingga batas maksimal karena meregang/melar sehingga mengakibatkan kulit permukaan perut pecah dan muncullah garis-garis tersebut. Strechmark ini bermacam macam warnanya, bisa berwarna putih, merah, atau bahkan hitam. Tentu ada juga yang tidak mengalami strechmark ini karena itu semua tergantung dari faktor genetis dan kondisi kesehatan atau kelembaban kulit Ibu.
Menurut dokter kandungan, strechmark tidak dihilangkan namun bisa diminimalisir ya dengan melumuri perut dengan lotion, minyak zaitun, atau obat lainnya. Istri saya sih menggunakan ramuan minyak kelapa dan dedaunan buatan asli dari kampung halamannya Tasikmalaya. Alhamdulillah meski strechmark masih ada namun tak terlalu banyak.
5. Sakit diperut dan kontraksi semu
tidur
src: 1.bp.blogspot.com
Rasa sakit didaerah perut solusinya adalah tidur menghadap arah kiri/kanan dan jangan tidur terlentang, kalau pun ingin tidur terlentang jangan terlalu lama dan sanggalah punggung dan kepala dengan bantal yang lebih seperti ulasan disini. Kemudian ketika dalam posisi ingin bangun tidur, jangan bangun langsung/tiba-tiba, tapi bangunlah perlahan. Jangan bangun tidur dengan posisi seperti sit-up namun bangunlah dibantu tangan.
Adapun kontraksi semu adalah konstraksi yang sifatnya sementara saja dan frekuensinya tidak teratur. Penyebabnya tentu karena gerakan janin dalam rahim. Solusinya adalah istirahat dengan posisi yang paling nyaman untuk Ibu, bisa tiduran sambil kaki disangga bantal sehingga posisi kaki lebih tinggi daripada kepala. Pada dasarnya jika mengalami kontraksi semu baiknya disyukuri karena kontraksi menjelang persalinan bermanfaat untuk melunakkan mulut rahim sehingga memelancar usaha ibu saat mendorong bayi keluar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kandungan kafein pada kopi good day

Bolehkah ibu hamil minum cappucino cincau

Keluar cairan bening saat hamil 9 bulan