Pantangan ibu hamil 2 bulan

Saat menajalani usia kehamilan 2 bulan, Anda akan mualai mengalami perubahan secara psikis dan perubahan secara fisik belum terlihat. Bayi dalam kandungan usia 2 bulan ini sudah memiliki detak jantung yang telah mulai berdiri sendiri. Bahkan bagian plasenta & tali pusatnya sudah mulai bekerja. Pembentukan telinga janin juga semakin sempurna. Demikian juga dengan pencernaannya yang akan mulai terbentuk, cikal bakal ginjalnya juga sudah terbentuk.
Usia Kehamilan 2 Bulan
Image: www.medicinenet.com
Di bagian pertengahan bulan kedua masa kehamilan, pembentukan organ paru-paru, pankreas, kelenjar tiroid & jantungnya juga akan mulai terbentuk. Bahkan rongga mulut janin sudah mulai terbentuk juga. Bayi juga mulai memiliki refleks & bergerak secara spontan, namun gerakan spontan bayi dalam kandungan usia 2 bulan ini belum dapat Anda rasakan. Berikut 14 anjuran & pantangan usia kehamilan 2 bulan dalam memilih asupan makanan yang terdiri dari 8 pantangan dan 6 anjuran.
Pantangan Makanan Untuk Kehamilan 2 Bulan
Daging Olahan
Hati-hati dengan daging olahan ataupun makanan tertentu yang bahannya memiliki campuran daging olahan seperti hotdog. Karena bisa jadi dalam daging olahan seperti itu memiliki kandungan bakteri Listeria yang akibatnya fatal bagi janin ataupun bayi yang baru lahir. Pastikan bahwa makanan Anda benar-benar terjaga kebersihannya.
Keju Lunak
Camembert, Roquefort serta Brie adalah beberapa jenis keju lunak. Karena dibuat dari susu yang mentah, bisa jadi keju seperti ini mengandung bakteri E coli yang tentunya tidak baik bagi ibu hamil muda.
Hati
Hati-hatilah saat mengonsumsi hati saat usia kehamilan 2 bulan. Karena hati mengandung vitamin A berbentuk retinol yang bisa menyebabkan kegu-guran.
Susu yang tak dipasteurisasi
Ibu hamil, terutama saat usia kehamilannya 2 bulan, sebaiknya jangan minum susu yang tidak dipasteurisasi. Karna susu yang tidak dipasteurisasi mungkin saja mengandung mikroorganisme yang dapat membahayakan kesehatan. Bakteri tidak baik seperti Salmonella mungkin saja terdapat di dalam susu yang tak dipasteurisasi.
Alk0-hol
Bukan hanya saat hamil memasuki usia 2 bulan, sejak Anda tahu bahwa Anda sedang hamil, maka sebaiknya jauhi alk0-hol. Sebab alk0-hol dapat menyebabkan bayi Anda lahir cacat. Karena itu semua jenis macam minuman ataupun makanan yang mengandung alko-hol.
Telur Mentah
Makanan yang juga harus dihindari ibu hamil adalah telur mentah ataupun telur yang dimasak setengah matang. Karena telur yang tidak dimasak sampai matang bisa jadi memiliki kandungan Salmonella, bakteri yang berbahaya bagi ibu dan bayi.
Daging Beku
Saat Anda hamil, hindarilah konsumsi daging beku. Pastikanlah daging yang Anda konsumsi direbus ataupun dimasak dalam suhu yang tinggi sehingga tidak mengandung bakteri jahat yang akan membahayakan tubuh & kandungan.
Adonan Kue
Banyak orang yang memiliki kebiasaan mencicipi sedikit adonan kue di saat sedang memasak kue. Namun ingat, saat kehamilan Anda sudah memasuki usia 2 bulan, hindarilah kebiasaan seperti ini. Sebab dalam adonan kue Anda bisa jadi terdapat bakteri Salmonella yang berasal dari telur mentah di dalam adonan. Baca juga: 15 Pantangan Wanita Hamil Muda.
Anjuran Makanan Untuk Kehamilan 2 Bulan
Asam folat
Asam folat ini memang penting perannya untuk ibu hamil. Kandungan asam folat ini ada pada sayuran hijau , alpukat dan jeruk. Dengan asupan asam folat yang cukup, maka akan membantu perkembangan sistem saraf pusat serta darah janin. Bahkan supan asam folat yang cukup juga akan mengurangi risiko bayi terlahir cacat.
Zat Besi
Pada saat bulan ke 2 kehamilan, Anda juga membutuhkan asupan zat besi. Kekurangan zat besi pada ibu hamil dapat menganggu siklus pelepasan sell telur pada ibu hamil. Zat besi ini terdapat pada sayuran hijau, kuning telur, daging merah, jeruk dan lain-lain. Baca juga: Khasiat Hebat Zat Besi Bagi Wanita Hamil.
Zat Seng
Zat seng berfungsi untuk membantu untuk memproduksi materi generatik di saat terjadinya pem-buahan. Makanan yang memiliki kandungan zat besi misalnya kacang-kacangan, biji-bijian, daging & telur.
Vitamin C
Vitamin C mampu membantu dalam pembentukan jaringan tubuh si janin. Vitamin C juga berfungsi untuk membantu penyerapan besi agar maksimal serta mengurangi risiko preeklampsia. Sumber vitamin C yang sangat baik untuk ibu hamil di usia bulan ke dua ini misalnya jeruk, brokoli, kiwi dan strawberry.
Vitamin A, B , D & E
Tidak kalah penting lagi yaitu asupan vitamin A, B, D & E yang bisa membantu tumbuh kembang bayi di dalam membentuk sel darah yang baru, pembentukan tulang & gigi serta metabolisme. Oleh karena itu lengkapilah semua vitamin Anda dari buah dan juga sayur dengan warna yang bervariasi.
Karbohidrat
Tidak kalah penting lagi adalah kandungan karbohidratnya. Ini penting karena pertumbuhan janin di bulan ke 2 sangat pesat sehingga kebutuhan ibu hamil akan energi harus tetap terjaga. Anda bisa mengatur asupan karbohidrat Anda meskipun morning sickness cukup mengganggu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kandungan kafein pada kopi good day

Bolehkah ibu hamil minum cappucino cincau

Keluar cairan bening saat hamil 9 bulan